A Half-Brilliant Mind

...Saya ingin menjadi orang hebat selagi sempat...

Latah

Heran ya,, kok tanggal 17 Agustus taun ini kayaknya dapet bgt feel nasionalisme-nya ya? Hebat.. *plok plok plok*.
Tapi kenapa gw heran?? Karena kok kesannya nasionalisme orang-orang tuh pada palsu ya.. Dalam artian, kayaknya nasionalisme orang-orang ini tiba-tiba aja muncul karena sebelom tanggal 17 kali ini, yaitu sekitar sebulan sebelomnya, ada peristiwa bom. Akhirnya muncul deh yang namanya gerakan-gerakan seperti Indonesiaunite, Memerahputihkan apaaa gitu, trus gerakan-gerakan nasionalis lain bentukan pemuda-pemudi canggih, ngerti teknologi (dan futuristik, mungkin) karena biasanya gerakan-gerakan seperi itu di jaman sekarang tuh dijalankan secara online (twitter, facebook, twibbon, etc). Mohon dibaca: orang Indonesia pada latah..

Yaa jujur aja, gw juga termasuk salah satu yg ngikutin gerakan Indonesiaunite itu dari awal. Tapi itu bukan karena gw ikut-ikut latah nasionalis. Lebih ke arah latah Twitter sih gw, karena gw emang lagi seneng mainan Twitter dan gw liat kok rame bgt ni Indonesiaunite. Yah, maap-maap aja ni kalo gw komentar/ngatain orang latah nasionalis-nya Indonesia. Gw juga mungkin (dan hampir pasti) belom berkontribusi banyak buat kemajuan bangsa (Indonesia) ini. Yang gw bisa lakukan hanya jadi mahasiswi yang baik dan punya prinsip-prinsip kebangsaan yang kelak (kalo emang bisa) bakal gw terapkan saat gw udah terjun di dunia masyarakat nantinya. Tapi gw ngga ngerti jd mahasiswa yang baik tuh gimana.. Yang pinter, yang aktif, yang populer, atau yg gimana?? Menolak UU BHP atau memperjuangkan UU BHP?? Yang mendukung demokrasi atau liberalisme? Ahh ngga tau lah. So far sih gabungan demokrasi-liberal tuh oke, hahaa dan gw mendukung UU BHP (tidak seperti mahasiswa lain yang menolak), serta menyenangi modernisasi yang akhir-akhir ini terlihat di kampus UI (sepeda, perpus gede, rencana trem, pom bensin, science park, tapii pliss jangan ada mal,, itu konsumtif banget). Itu sebabnya gw menolak untuk menandatangani petisi penolakan RUU BHP yang waktu itu ditunjukin sama salah satu teman. Karena menurut gw, semua yang dilakukan dengan biaya mahal yang tersebut di atas (dengan konsekuensi penurunan kualitas) dengan segala keburukannya, cuma dampak sementara untuk ke depannya melihat bagaimana Indonesia akan dipandang terhormat di dunia internasional (dilihat dari dunia pendidikan). Kita harus berpikir jangka panjang kan.. Dan untuk mencapai suatu keberhasilan dibutuhkan pengorbanan bukan?? Seperti para pahlawan kita dulu..

Jadi, ngga perlu deh ikutan "gerakan latah" itu. Kalo mau nasionalis dan patriotik ya dimulai dari diri sendiri dulu. Bertindaklah dengan wajar. Kalo masih mahasiswa, ya bertindaklah seperti mahasiswa. Asal jangan bandel-bandel. Kalo ngga dimulai dari diri sendiri, ntar kalo ada apa-apa yang buruk bagi Indonesia, ujung-ujungnya nyalahin pemerintah.. Basi banget deh. Yaa semoga aja karena adanya "latah" ini, rakyat Indonesia emang beneran berubah untuk lebih cinta Indonesia. Dan keuntungan lain dari "latah" ini adalah: pedagang-pedagang bendera jadi laku keras karena orang-orang lagi pada "latah" beli bendera.

0 komentar:

About Me

My Photo

name: Arum si Ayumi

info: Saya orang, asli Indonesia, Jawa tulen. Tapi dari lahir di Jakarta. Sangat suka akan kesenangan dan kegembiraan. Kegiatan rutin sehari-hari: kuliah. Hobi: browsing internet, nonton berita, makan popcorn, makan pisang, minum kopi, baca bacaan yang berguna, etc etc. Cita-cita saya pengen jadi orang hebat selagi sempat. Semboyan saya: Healthy inside, happy outside.

View my complete profile

About my blog

Blog ini bercerita tentang peristiwa yang terjadi seputar saya dan teman-teman saya. Tidak ada cerita yang lengkap, namun akan selalu terungkap. Karena kisah-kisah ini mudah dicerna dan ditangkap.

8 Ways to be a Legend

Simple.
Humble.
Responsible.
Tolerance.
Commitment.
Loyalty.
Consistency.
Respect Other.

Random Favorites

Indonesia. National Identity. Jazz. Blues. R&B. Classical. Ethnic. Fish to eat. Tenderloin Steak. Basketball. San Antonio Spurs. Liverpool FC. Fernando Torres. Steven Gerrard. Kacang Mayasi. Chiki Balls. Kevin Aprilio. Mountains & Hills. Winter. Singing. Traveling. Books. Movies. GC

Instruments

  • Main: Piano, Guitar
  • Addition: Bass Guitar, Drum

In My Pocket

  • Samsung Galaxy Tab
  • Indosat Broadband 3.5G
  • Nokia E75
  • Canon EOS Kiss X3 / 500D
  • Sony Cyber-Shot DSC-W350
  • iPod Nano
  • Sony Vaio SR13GN
  • Western Digital Harddisk

Pages

Powered By Blogger

Theme designed by